Home » Berita, Ekonomi » Sekjen Arab: 23 perusahaan gabung mengolah Getah Karet Arab

Sekjen Arab: 23 perusahaan gabung mengolah Getah Karet Arab

1124

FORUM Indosu – Khartoum. Sekretaris Jenderal Dewan Getah Arab, Abdul-Majid Abdul-Gadir, mengatakan bahwa jumlah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan permen karet Arab diperkirakan mencapai 23 perusahaan.

Dalam sebuah pernyataan kepada SUNA, Abdul-Gadir mengatakan bahwa perhatian dan dukungan dari Dewan untuk produsen telah mengakibatkan peningkatan ekspor Getah Arab dari 47.000 ton pada tahun 2009 menjadi 52.000 pada tahun 2010, dan meningkatkan produktivitas untuk 63.000 dalam tahun 2013.

Gom (atau gum) arab, dikenal pula sebagai gum acacia adalah salah satu produk getah (resin) yang dihasilkan dari penyadapan getah pada batang tumbuhan legum (polong-polongan) dengan nama sama (nama ilmiah Acacia senegal). Nama “gom arab” (dari “gum arabic”) secara harfiah berarti “getah arab”. Kemungkinan besar tumbuhan ini berasal dari oasis padang pasir di Afrika utara, dan barangkali juga di Asia barat daya. Sudan merupakan penghasil 70% produksi gom arab sedunia.

Tanaman Gum Arab banyak dipakai dalam industri makanan dan kimia lainnya. Ia digunakan sebagai campuran minuman untuk mengurangi tekanan permukaan (surface tension) air dan stabilizer, contohnya salah satu bahan pencapur minuman bersoda.

Abdul-Gadir menyebutkan ini berkat hubungan baik dari dewan dan koordinasi dengan semua pihak yang terkait dengan produksi getah Arab ini. (Popi R)

 

 

Leave a Reply

Copyright © 2016 · Embassy of Sudan · All Rights Reserved · Posts · Comments