Home » Kegiatan Dubes Sudan » Hebat! Kota Tegal Bakal Jadi Tempat Pelatihan Perikanan Industri Sudan

Hebat! Kota Tegal Bakal Jadi Tempat Pelatihan Perikanan Industri Sudan

uploads--1--2012--10--fisheriesindustri

Kota Tegal, Jawa Tengah – Lensaindonesia. menjadi tempat diselenggarakannya pelatihan perikanan “International Training onQuality Control and Management for Fisheries Industry for Sudan”. Bertempat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Sekolah Umum Perikanan Menengah (SUPM), pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan peran Indonesia dalam kerja sama Selatan Selatan dan penguatan ketahanan pangan global.
Penyelenggara pelatihan ini adalah Direktorat Kerja Sama Teknik Kementerian Luar Negeri bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pada pelatihan ini Indonesia berkolaborasi dengan UNIDO di Khartoum, memberikan pelatihan bagi 17 orang peserta Sudan berlatar belakang pejabat dan pelaku usaha terkait perikanan.

Pelatihan dilaksanakan mulai 13 Oktober hingga 22 Oktober dan dibuka oleh Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri, Duta Besar AM Fachir.

Hadir dalam pembukaan pelatihan Duta Besar Sudan Untuk Indonesia ABd Al Rahim Al Siddig Mohamed Omer AM Fachir dalam sambutannya mengatakan, dengan pelatihan ini merupakan pengejawantahan komitmen Pemerintah Indonesia dalam kerja sama dengan Selatan Selatan dengan membantu negaraberkembang untuk memperkuat ketahanan pangan.

Apalagi Sudah merupakan salah satu prioritas negara pemberi pengembangan kapasitas Indonesia di Afrika. “Pelatihan ini merupakan wujud nyata Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan hubungan bilateral kedua negara, terutama dalam bidang ekonomi” ungkap Fachir.

Wakil Walikota Tegal H Habib Ali Zaenal Abidin SE MHum, menyambut gembira adanya pelatihan yang dilaksanakan di Kota Tegal. Seperti di ketahui Kota Tegal memiliki potensi besar di bidang perikanan.

Apalagi Kota Tegal tahun 2013 memiliki agenda sebagai Tegal Maritim.

Direktur Kerja Sama Teknik Siti Ngraha Mauludiyah dalam laporannya mengatakan, pemberian program pelatihan ini merupakan tindak lanjut pemberian program pelatihan International Training Program on Freshwater Awuaculture For Asia, Africa and Pacific Countries yang diselenggarakan Pemerintah RI di Sukabumi, Mei 2012 yang melibatkan dua peserta dari Sudan.

Sebagai respon, Pemerintah Sudah menyampaikan penghargaannya kepada Pemerintah RI melalui perwakilan RI di Kartoum dan menyatakan harapannya agar Indonesia dapat membantu Sudan dalam pengembangan sektor perikanan Sudan, yang saat ini menjadi salah satu prioritas pembangunan Sudan.

Sekretaris BPSDMKP Mulyoto mengatakan kepada LICOM, penyelenggaraan pelatihan teknis di bidang kelautan dan perikanan, apabila pada sebelumnya ruang lingkup pelatihan adalah di bidang budidaya dan penangkapan, maka di tahun 2012 ini memasuki ranah baru yakni di bidang pengolahan dan pengelolaan perikanan.

“Seperti halnya pelatihan yang saat ini dilaksanakan di Tegal” ungkap Mulyoto. Dalam tiga tahun terakhir, sinergi KKP dan Kemenlu telah memberikan pelatihan teknis perikanan bagi 44 orang peserta dari negara sahabat. Sebagian besar dari mereka berasal dari kawasan Asia Pasifik, Afrika dan Timur Tengah.

Dalam acara pembukaan diakhiri dengan penyematan tanda peserta dan foto bersama. Selanjutnya apra peserta akan mengikuti serangkaian kegiatan dengan materi pelatihan meiputi Good Aquaculture, Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP), Good Practices, (Auction and Fish Market), Landing Site.
Pelatihan dilaksanakan di BPPP tegal dan praktik lapangan diselenggarakan di lokasi Pelabuhan Perikanan, Usaha Pengolahan Ikan Modern, Laboratorium Pengawasan Produk Mut Hasil perikanan di daerah Pekalongan. @boy

Sumber: Selasa, 16 Oktober 2012 21:08 WIB,

Leave a Reply

Copyright © 2016 · Embassy of Sudan · All Rights Reserved · Posts · Comments