Home » Ekonomi » Menteri Keuangan: perdagangan Sudan dan China melampaui 13 miliar dolar

Menteri Keuangan: perdagangan Sudan dan China melampaui 13 miliar dolar

17481

Beijing, 29 Januari (SUNA). Menteri Keuangan dan Ekonomi Nasional, Badr Eddin Mahmoud, mengungkapkan peningkatan pertukaran perdagangan antara Sudan dan China melebihi 13 miliar dolar, dan terus memperluas kerjasama bilateral untuk memasukkan domain lain seperti pertanian, mineral, dan kontraktor, mencatat bahwa pekerjaan perusahaan China di Sudan telah memberikan kontribusi dalam pembangunan infrastruktur tersebut.

Dalam wawancara khusus dengan China Xinhua News Agency, Kamis (29/1),  kunjungannya ke China, Badr Eddin menunjukkan bahwa Sudan menginginkan kerjasama perbankan antara kedua negara untuk melanjutkan dan meningkatkan menargetkan penggunaan mata uang China (yuan) dalam perdagangan dan bursa investasi,  yang akan memperkuat kerja sama ekonomi antara kedua negara.

Mengenai kerjasama minyak antara China dan Sudan, Menteri Keuangan mengatakan bahwa mereka telah melihat langsung dampak langsung terhadap perekonomian Sudan, yang telah menyebabkan tingginya tingkat pertumbuhan GDP dan memperluas basis ekonomi.

Menteri Keuangan telah menekankan pentingnya pertemuan Rabu kemarin dengan Direktur Jenderal Bank Cina untuk Impor dan ekspor, di mana mereka sepakat untuk melanjutkan pinjaman dari mekanisme baru, dimana sejumlah porjects akan selesai, seperti sebagai, Al Foula listrik, Umdorman-Bara jalan raya, dan jalan Barat Salvation, di samping penyelesaian sisa stasiun listrik dan jaringan transmisi, selain dana dari beberapa proyek yang produktif seperti proyek gula Nil Biru dan Tamboul.

Menteri terus mengatakan bahwa kedua negara akan bekerja sama di bidang pinjaman preferensial, termasuk bandara Khartoum yang baru, perjanjiannya ditandatangani dengan pembiayaan di kisaran 700 juta dolar, dan terlebih lagi, ada juga dana melalui bantuan itu untuk diberikan melalui pinjaman bebas bunga dan hibah, yang telah mengakibatkan pembangunan istana presiden baru dan bagian presiden di Friendship Hall, mencatat bahwa pinjaman bebas bunga dan hibah di kisaran 400 juta yuan ditandatangani digunakan dalam pembangunan proyek-proyek yang produktif, seperti pembentukan rumah pemotongan hewan untuk daging, dan Kota untuk manufaktur dan mengekspor kulit. (PR)

 

Leave a Reply

Copyright © 2016 · Embassy of Sudan · All Rights Reserved · Posts · Comments