Home » Internasional » Menteri Luar Negeri Sudan Mengutuk Agresi Israel di Gaza

Menteri Luar Negeri Sudan Mengutuk Agresi Israel di Gaza

by:bbc

FIS – Khartoum. Kementerian Luar Negeri Sudan, Minggu (13/7/2014) mengeluarkan pernyataan mengutuk agresi Israel dijalur Gaza Palestina yang menewaskan 167 warga Palestina dan ribuan warga sipil cedera akibat insiden tersebut serta menghancuran rumah dan fasilitas umum lainnya.

Pernyataan itu juga mengutuk lemahnya reaksi internasional  terhadap agresi Israel yang terus menerus, khususnya reaksi dari negara-negara barat yang besar dan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang pernyataannya dianggap berpihak kepada Israel dan mendorong untuk melanjutkan tindakan kejahatan mereka.

Berita Suna menjabarkan, Sudan menyerukan kepada negara-negara besar dan Dewan Keamanan untuk mengambil sikap serius terhadap Israel yang telah terbukti melancarkan agresi, ini akan menjadi salah satu ancaman besar bagi perdamaian dan keamanan internasional, dan yang paling melanggar hukum internasional, hukum humaniter internasional dan hak asasi manusia.

Pernyataan itu juga menyerukan untuk perlindungan mendesak bagi rakyat Palestina yang tak bersenjata dimana harus berhadapan dengan persenjataan militer Israel. Ini juga menyangkut warisan internasional yang selalu menyerukan keadilan, nilai-nilai kemanusiaan dan memerangi terorisme. (Popi R)

Leave a Reply

Copyright © 2016 · Embassy of Sudan · All Rights Reserved · Posts · Comments